kehamilan ektopik VS hamil anggur VS blighted ovum

Hadeuh greget d tiap aku cerita hamil ektopik rata2 orang pasti komentar “ooo hamil anggur”  ato “ooo blighted ovum ya” pengen teriak “bukaaaaaaaaaaan!!!” saring seringnya terima komentar gt dari orang2. Berhubung males jelasin ke tiap orang mendingan  berkicau disini aja d 😥

Hamil ektopik itu adalah kehamilan dimana janin tidak tumbuh didalam rahim melainkan di organ reproduksi lain, misalnya  di saluran tuba, di cornua, di serviks, ato di rahim tapi justru di bagian luarnya yg menghadap ke rongga perut. Kehamilan ektopik umumnya diketahui pada usia kehamilan 7-9 minggu dan membahayakan jiwa si ibu karena pertumbuhan janin dapat merobek organ reproduksi tempat janin itu menempel. Kenapa bisa robek? ya karena organ reproduksi lain ga elastis seperti rahim yang memang dari “sana”nya dirancang untuk pertumbuhan janin. Biasanya untuk kehamilan ektopik dokter ga ngasih opsi lain selain digugurkan (via suntikan) ato diangkat (via operasi). Klo organ reproduksinya masih utuh (intact) biasanya di suntik, tapi klo ud keburu pecah (kaya kasus tuba n cornua aku) ya pilihannya cuma operasi. Gejalanya gimana? ada beberapa gejala cuma rata2 sih gejalanya rasa sakit yang konstan di salah satu bagian rahim, kanan aja ato kiri aja. Klo ud keburu pecah, rasa sakitnya aduhai banget, jangankan mo gerak klo perut disentuh aja rasanya dasyat. Tapi yang aneh klo kasus aku, waktu aku hamil ektopik yang pertama di tuba, aku sama sekali ga ngerasa sakit, padahal saluran tubaku ud compang camping, ga pusing juga padahal pendarahan didalem ud banyak banget. Beda sama ektopik yang ke dua di cornua, klo yang ini whuiiiih rasanya…jangankan mo berdiri, ngegeser kaki aja ga bisa!

Klo hamil anggur, yang ada di dalam rahim bukan janin melainkan troboflast yang terjadi karena kegagalan pembentukan janin. Gejala hamil anggur mirip seperti hamil normal, terlambat haid, mual-muntah, dll. Pemeriksaan tes kehamilan juga positif, tapi klo hamil anggur ga ada tanda-tanda gerakan janin, rahim tampak lebih besar dari usia kehamilan sebenarnya, dan keluar gelembung cairan yang mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan melalui vagina.

Ada lagi nih blighted ovum, klo yang ini gejalanya mirip sama hamil anggur, cuma klo hamil anggur didalam rahimnya tumbuh semacam tumor jinak(troboflast), klo blighted ovum didalam kantung kehamilannya itu kosong ga ada apa2.

Nah, sekarang keliatan kan bedanya istilah2 ini, mudah2an bisa nambah info buat yang baca ya xixixi disini aku coba jelasin secara gampangnya aja untuk lebih tau lebih jelas monggo di klik aja hyperlink nya ya 😉

7 thoughts on “kehamilan ektopik VS hamil anggur VS blighted ovum

  1. maaf mau tanya keseluruhan biaya IVF (bayi tabung) di RS Bunda dan saya baca mba’ pernah coba inseminasi juga..klo boleh tau berapa biaya nya..terima kasih banyak ya, semoga Allah menitipkan rezeki anak untuk kita..Amiin 🙂

    • hi mba rania, amiin doanya. Klo aku sih pengalaman terakhir pake dosis 225iu bulan des 2012 abisnya sekitar 60-65jt mba, itu ud termasuk obat, biaya konsul, usg,tes lab. Biasanya besaran harga tuh tergantung dosis obatnya jg. Klo inseminasi itu aku tahun 2011 harganya masih sekitar 5jt ud sama obat (obatnya minum bukan suntik), masing2 org beda mba, ada yg pake obat minum ada yang pake obat suntik. klo pake obat yang suntik denger2 sih bisa sampe 10jt. Semoga infonya membantu ya mba 🙂

      • Selamat sore mba.. Saya mau tanya, biaya ivf 60-65 juta itu harga promo bukan yah? Soalnya saya dengar kl di BIC suka ada promo harga ivf..yang tahun ini ktnya biayanya mulai dr 41.999.000, tidak termasuk tes lab n konsul dokter..jadi saya khawatir biayanya bisa membengkak jadi 60an juga..

      • Waktu itu sy promonya cm disc 5% untuk obat2an mba. Promo yang skrg itu untuk obat suntik + tindakan klo ga salah. Biasanya ada biaya lain itu spt tes darah itu sekitar 3x trs ada konsul dokter 3x, selain itu ada obat2an post opu yg harus ditebus. Saya takut salah juga klo ngomongin biaya mba, takut kekurangan ato kelebihan 🙂

  2. subhanallah mbak…
    perjuanganmu bener2 bikin saya ngaca klo penantian saya selama ini masih belum apa2nya dengan mbak.
    bahkan saya baru menjalani tes yang sangat2 standar semacam HSG dan USG transvaginal.

    semoga setiap perjuanganmu menambah pundi2 pahala ya mbak…
    dan semoga dikuatkan selalu kesabaran, keteguhan, dan juga keimanan. aamiin.

Leave a comment